Pempek Kecil Palembang

By | January 5, 2018

Orang asli palembang harus bisa bikin pempek, bagi kami pempek itu harus ada di rumah jadi kapan pun kepengen tinggal goreng atau rebus. Semoga resep ini bermanfaat buat mamak yang juga doyan sama makanan khas Palembang ini .

Bahan-bahan

  1. 500 gr ikan giling (gabus/tenggiri)
  2. 250 ml air es
  3. 3-4 btr telur ayam
  4. 3 sdm garam (jgn munjung)
  5. 2 sdm gula pasir
  6. 1 sdt kaldu/vetsin (me:skip)
  7. 400-500 gr tepung tapioka/sagu

Langkah

  1. Camour semua bahan kecuali tepung. Mixer sampai kental sekitar 10-15 menit. Mengapa saya menggunakan mixer bukan mengulen langsung dg tangan itu tujuannya untuk menghasilkan pempek yg lebih lembut krn kalau kita sering ulen akan membuat pempek lebih keras.  
  2. Setelah adonan kental siapkan mangkok terpisah untuk mempersiapkan proses pemberian tepung, jadi ambil sekitar 2 sendok adonan tambahkan sagu sama dengan atau kurang dr berat adonan ikan. Kalau berat adonan ikan 200 gr bearti tambahakn sagu sekitar 130-180 gr. Disini saya menggunakan sagu merk tani.  
  3. Aduk rata adonan ikan dan tepung menggunakan centong setelah tercampur kita siap untuk membentuk pempek, disini mamak sudah bisa mengulen tapi jgn terlalu sering yah . Jika dirasa adonan sdh enak untuk dipegang dan dibentuk stop menambahkan sagu, cukup lumuri saja sagu ke tangan. Di foto ke dua itu ada contoh adonan yg sudah set siap dibentuk.  
  4. Siapkan panci berisi air untuk merebus. Masak air sampai mendidih tambahkan sedikit minyak sayur biar pempek tidak lengket. Rebus pempek sampai mengapung. Angkat dan tiriskan.  
  5. Untuk membuat pempek telor kecil, ambil sedikit adonan bentuk memanjang seperti adonan lenjer kecil lalu masukkan jempol ke tengah-tengah putar melingkar sampai membentuk seperti mangkok. Siapakan beberapa butir telur sebagai isinian, kocok rata telur masukkan ke dalam adonan yg sdh dibentuk td langsung celupkan ke panci rebusan pempek.  
  6. Untuk pempek bentuk keriting, mamak bisa menggunakan cetakan pempek keriting tapi kita bisa menggunakan cara lain yaitu menggunakan kantong segitiga, masukkan adonan ke dalam kantong lalu semprotkan melingkar seperti kerupuk.  
  7. Pempek bisa disimpan di freezer biar lebih awet jika kita mau konsumsi tinggal merebus kembali pempek kalau mau yg digoreng jg bisa. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *